TANAM 1 MILYAR POHON UNTUK INDONESIA

Sayangnya, hutan di Indonesia banyak mengalami kerusakan atau gundul. Kerusakan hutan Indonesia disebabkan maraknya kegiatan illegal logging. Selain itu pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan sistem konversi hutan menjadi perkebunan menyebabkan deforestasi bertambah luas. Banyak pengusaha mengajukan permohonan izin pembangunan HTI dan perkebunan hanya sebagai dalih untuk mendapatkan keuntungan besar dari Izin Pemanfaatan Kayu (kayu IPK) pada areal hutan alam yang dikonversi. Setelah itu mereka tidak melakukan penanaman kembali, yang menyebabkan jutaan hektar lahan menjadi terlantar. Disamping itu, beberapa perusahaan perkebunan dan HTI sering melakukan pembakaran untuk pembersihan lahan, yang merupakan sumber utama bencana kebakaran hutan di Indonesia.

Pembakaran hutan merupakan salah satu ancaman serius terhadap kerusakan hutan Indonesia. Namun demikian, sampai saat ini belum banyak tindakan hukum yang telah diambil oleh pemerintah terhadap para pembakar hutan, meskipun sudah ada peraturan perundangan tentang larangan pembakaran hutan, di antaranya PP No. 4 Tahun 2001.

Hutan di Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Dengan rusaknya hutan sudah pasti keanekaragaman ini tidak lagi dapat dipertahankan bahkan akan mengalami kepunahan. Bhwa setiap harinya Indonesia kehilangan satu species (punah) dan kehilangan hampir 70% habitat alami pada sepuluh tahun terakhir ini

Peristiwa banjir yang sering melanda Indonesia, bahwa salah satu akar penyebabnya adalah karena rusaknya hutan yang berfungsi sebagai daerah resapan dan tangkapan air (catchment area). Hutan yang berfungsi untuk mengendalikan banjir di waktu musim hujan dan menjamin ketersediaan air di waktu musim kemarau, akibat kerusakan hutan makin hari makin berkurang luasnya. Tempat-tempat untuk meresapnya air hujan (infiltrasi) sangat berkurang, sehingga air hujan yang mengalir di permukaan tanah jumlahnya semakin besar dan mengerosi daerah yang dilaluinya. Akibanya menimbulkan banjir bandang, selain akan menimbulkan kerugian materi, juga nyawa manusia akan menjadi taruhannya.

Presiden dalam acara Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon di Jatiluhur, Jawa Barat, berlangsung minggu (28/11/2010) mengecam penebangan liar, termasuk yang mengatasnamakan industri. Pembangunan menurutnya bukanlah kegiatan merusak alam.Saya atas nama rakyat, berhentilah melakukan kegiatan tidak bertanggung jawab itu. sekarang bukanlah saatnya untuk berbicara soal pelestarian alam. Saat ini justru saatnya bertindak menanam pohon untuk menyelamatkan lingkungan. Pemerintah menargetkan untuk menanam 1 miliar pohon.

Agar hutan di Indonesia tidak semakin rusak akibat kegiatan illegal yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Maka dari itu mari kita dukung gerakan menanam 1 miliar pohon agar kelestrian hutan di Indonesia tetap terjaga. Sehingga pohon-pohon ini nantinya akan bisa dinikmati oleh generasi mendatang sekitar 30 tahun kemudian.

Komentar

live traffic feed

wibiya widget

Postingan Populer