CARA MENYIKAPI PERKEMBANGAN DI ERA 2000AN..


ASSALAMUALAIKUM,..... SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA ,, KALI INI SAYA AKAN MEMBAHAS MENGENAI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI INDONESIA (DUNIA)

PENGALAMAN SAYA PADA SAYA MASUK SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN 2000 . MASIH TERASA LAMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGINYA,, DAN MUNGKIN INDONESIA BELUM TERLALU BANYAK MENGENAL INTERNET KALI YAAA.... 

PEMIKIRAN SAYA !!!! 
DUNIA ITU MAJU SEJAK ADANYA INTERNET...
KARENA SEMUA INFORMASI MAUPUN DATA-DATA BISA KITA CARI MELALUI INTERNET.. BOLEH RASAKAN PERKEMBANGAN DI ERA DUA RIBU BELASAN,, 2011-SEKARANG... ANAK-ANAK MULAI DARI 1 TAHUN AJA SUDAH DIKENALKAN DENGAN NAMANYA GADGET,, YA APALAH NAMANYA,,

DAN SAYA MENGKUTIP DARI BLOG SEBELAH 
https://nurfirstavhita.wordpress.com/2016/10/09/makalah-perkembangan-teknologi-informasi-pada-tahun-2000-2016/

DAN MEMANG BENAR PERKEMBANGAN DI ERA INI SANGAT CEPAT SEKALI DIRASAKAN, BISA JADI 10-50 TAHUN KEDEPAN MUNGKIN SEMUA SUDAH TIDAK LAGI SALING BERSENTUHAN. SEMUA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI,,,
NI SIMAK PENJELASAN DARI SAUDARA KITA : SAYA NGAK TAU BELIAU DAPAT KUTIPAN DARI MANA,, TAPI YANG JELAS SAYA DAPAT INI DARI BELIAU :

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA TAHUN 2000-SEKARANG
Tahun 2000
• Diperkirakan teleconference akan merubah perjalanan bisnis fisik yang dilakukan saat ini.
• HDTV mulai diluncurkan.
• “Black April” terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000.
Tahun 2001 – 2002 (Jaringan Informasi Sekolah)
meningkatnya kebutuhan terhadap internet yang diakibatkan oleh program Jarnet, maka kebutuhan semakin meningkat. Khusus mengenai infrastruktur, sebagian besar sekolah.
Tahun 2002-2003 (Wide Area Notwork (WAN) Kota) koneksi internet yang digunakan untuk mempercepat proses pengiriman data dan informasi dari daerah ke pusat serta untuk proses pembelajaran.
Tahun 2004 – 2006 (ICT Center) Program WAN Kota yang telah dikembangkan pada tahun 2002 hingga tahun 2003 akhirnya dirasakan hanya menitikberatkan kepada aspek perangkat keras dan jaringan saja, sedangkan pengembangan TIK tidak hanya terdiri atas kedua aspek tersebut. Pengembangan SDM juga hanya berputar kepada institusi yang menjadi lokasi WAN Kota, sehingga mulai dipikirkan untuk memperluas fungsi dan tugas dari WAN Kota menjadi sebuah institusi lain yang mampu menjadi pusat TIK di daerah dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat di sekitarny.
Tahun 2006 – 2007 (Inherent) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi juga turut menggeliat di dalam pengembangan TIK dan tidak kalah dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Sebenarnya, sejak tahun 90-an, sudah banyak perguruan tinggi yang secara parsial maupun kelompok kecil telah mengembangkan infrastruktur TIK di kampus masing-masing. Yang amat terkenal adalah ITB dengan berbagai risetnya untuk bidang internet dan jaringan lokal.
SEA EduNet ( 2008 ) Rencana pengembangan ke depan adalah mengintegrasikan jejaring yang telah dibentuk di Indonesia dengan negara-negara tetangga, agar dapat dilaksanakan sharing knowledge dengan lebih intensif. Hal ini bertujuan agar seluruh institusi kita memiliki wawasan yang lebih mengglobal.
Tahun 2009
o Sudah banyak bermunculan ISP untuk mengakomodasi kegiatan internet, provider telekomunikasi pun berjamuran baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
o Booming Social Media.
o Jumlah pemakai internet Indonesia meningkat drastis dari yang hanya mencapai 500.000 pada tahun 1998, sekarang mencapai jumlah 35 juta user.
o Mobile Internet mulai menjadi trend.
o Digital Tv is Coming Soon
Tahun 2010
Jika kita lihat dari mulainya teknologi komputasi diperkenalkan pada tahun 1970, berarti sekarang Indonesia sedang memasuki tahun ke 40 dalam perjalanan perkembangan teknologi informasi. 40 tahun, jika diibaratkan seorang manusia, umur 40 adalah umur dimana kita telah mendapat kematangan dan bisa dibilang kesuksesan. Saya sempet teringat ucapan guru SMA saya, beliau mengatakan jika pada saat umur 40 seseorang belum mendapatkan pekerjaan yang baik atau posisi yang bagus di bidangnya, habislah sudah kesempatan dia untuk meraih kesuksesan, istilahnya sudah telat.
Tahun 2011
Banyak perusahaan penyedia TV kabel dan operator seluler yang terus bermunculan dengan berbagai layanan yang ditawarkan sehingga mengakibatkan tingginya permintaan data.
Tahun 2012
• Sekolah-sekolah sudah mulai banyak yang menggunakan system e-learning
• Mulai banyak yang mengembangkan website di instansi pendidikan.
Tahun 2014
• Pertumbuhan data besar yang akan terus meningkat karena semakin banyak data dari mulai teks, gambar/grafik, foto, video dan data lainnya tersimpan di internet.
• Dalam bidang kedokteran yang terkait dengan industri TI adalah kemajuan dalam teknologi DNA serta kemampuan untuk memiliki catatan genetika secara pribadi
Tahun 2015
• Jaringan 4G mulai dikembangkan di Negara-negara maju
Tahun 2016
• Jaringan 4G mulai menyebar luas dan digunakan oleh berbagai kalangan.
• Mulai dikembangkan jaringan 5G di Negara-negara maju.
• Berbagai macam barang elektronik berkembang pesat dan muncul berbagai teknologi canggih.
NAH SAUDARA,, DAPAT KITA TARIK KESIMPULAN BAHWA DI ERA YANG SERBA CANGGIH INI PERLU DI TELITI MASUKNYA TEKNOLOGI-TEKNOLOGI BARU ITU HARUS KITA SARING DULU, KITA PELAJARI DULU DAMPAK POSITIF DAN NEGATIFNYA, SELAGI ITU TIDAK MERUGIKAN KITA, APA SALAHNYA KITA MENGIKUTI JAMAN SEKARANG YA,, BIAR NGAK DI BILANG KUDET.....
ASALKAN TEKNOLOGI ITU TIDAK BERTENTANGAN DENGAN AJARAN AGAMA KITA,,, MAAF SAYA SENDIRI INI BERAGAMA ISLAM,, JADI KITA HARUS TAHU APA APA SAJA YANG HARUS KITA LAKUKAN DENGAN PERKEMBANGAN DI JAMAN SEKARANG INI,, PERGUNAKANLAH TEKNOLOGI ITU SECUKUPNYA, DENGAN TEMPATNYA, BERSIFAT POSITIF, LEBIH BANYAK MANFAATNYA DI BANDING MUDORATNYA.. ITU YANG PENTING... SOOOOOO JANGAN KITA TELAN MENTAH-MENTAH YA,, JANGAN IKUT-IKUTAN GAYA GAYA BARAT ITU, YANG TIDAK MASUK DALAM AJARAN AGAMA KITA....

MUNGKIN ITU SAJA SARAN DARI SAYA.. WASSALAM... 

Komentar

live traffic feed

wibiya widget

Postingan Populer