KERATON AMANTUBILLAH MEMPAWAH

 



Istana Amantubillah, Potensi Wisata Budaya di Mempawah

    Keindahan alam yang memukau mata, budaya Indonesia juga selalu menjadi daya tarik wisata bagi banyak wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Bahkan, belum lama ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Bapak Sandiaga Uno, terpukau dengan tradisi dan budaya yang ada di Istana Amantubillah.

   Dalam kunjungan kerjanya di Kalimantan Barat, Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Istana Amantubillah, yang merupakan sebuah keraton di Kabupaten Mempawah. Dahulunya, Istana Amantubillah adalah keraton bagi Kerajaan Mempawah.

Nama Istana Amantubillah sendiri berarti “Aku Beriman Kepada Allah”, yang menandakan kerajaan yang kental dengan unsur Islam. Namun menariknya, pada zaman dahulu Kerajaan Mempawah merupakan Kerajaan Dayak-Hindu.

    Meski Kerajaan Mempawah telah lama runtuh, namun saat ini Sobat Parekraf masih bisa melihat langsung kemegahan dari Istana Amantubillah yang terjaga dengan baik. Lokasi Istana Amantubillah berada di Desa Pedalaman, Mempawah Timur, Kalimantan Barat. 

     Berada di daerah hulu, Sobat Parekraf hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Pontianak untuk tiba di Istana Amantubillah. Jarak yang lumayan dekat, sayang kalau tidak kita melihat langsung bukti sejarah dan budaya dari salah satu kerajaan Hindu dan Islam di Mempawah.

Komentar

live traffic feed

wibiya widget

Postingan Populer